Home » » Cara Tetap Mempertajam Pemikiran dan Menghindari Kejenuhan

Cara Tetap Mempertajam Pemikiran dan Menghindari Kejenuhan

Cara Tetap Mempertajam Pemikiran dan Menghindari Kejenuhan

Mendirikan bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang sudah berjalan bisa jadi sama beratnya. Selain harus berpikir mengenai sumber daya manusianya, juga harus cermat membidik pasar dan tak kalah pentingnya adalah memikirkan sumber permodalan.

6 Cara Pengusaha agar Tetap Tajam Berpikir dan Menghindari Kejenuhan
1. Kerjakan lebih banyak tugas-tugas yang disukai
 
Ketika Anda baru mulai menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, banyak hal dan pekerjaan yang harus dikerjakan. Dan dari sekian banyak pekerjaan itu pasti ada yang Anda tidak sukai dan ada yang disukai.
Identifikasi pekerjaan atau tugas yang Anda sukai, karena tugas yang disukai ini akan membuat Anda terhindar dari kejenuhan. Lakukan pekerjaan yang disukai tadi ketika kejenuhan mulai menyerang. Dengan cara ini akan menjamin keberhasilan dalam jangka panjang.

2. Kurangi mengerjakan tugas yang tidak disukai

Ketika Anda melakukan pekerjaan yang tidak disukai, biasanya hasilnya tidak sesuai seperti yang diharapkan; misalnya, menunda-nunda pekerjaan itu, berusaha menghindarinya, atau tidak memprioritaskan tugas itu sehingga terbengkalai.
Agar pekerjaan itu tetap berhasil dikerjakan, berusahalah untuk mendelegasikan ke staff yang memiliki keahlian di bidang itu atau cari outsourcing yang bisa menyelesaikannya dengan baik.

3. Rencanakan liburan jauh-jauh hari

Tujuan dari merencanakan liburan jauh-jauh hari adalah agar Anda, rekan bisnis atau mitra bisnis juga bisa menyesuaikan agenda dengan jadwal Anda. Jangan pernah membatalkan liburan yang telah Anda jadwalkan, apapun yang terjadi. Sekali Anda membatalkan jadwal liburan maka preseden bahwa jadwal apapun bisa Anda langgar dan itu sangat membatasi proses refreshing dari rutinitas setiap hari.

4. Luangkan waktu untuk menyendiri tiap harinya

Apapun yang terjadi coba luangkan waktu tiap hari antara 10 menit – 1 jam untuk menghentikan aktivitas otak Anda. Meluangkan waktu ini bisa berupa mengaji, beribadah dan berdoa, meditasi atau sekedar minum secangkir teh atau kopi serta berolahraga.

5. Baca buku yang tidak berkaitan dengan bisnis

Ketika membaca hal-hal yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda, terkadang bisa memicu ide-ide kreatif. Ketika kejenuhan mulai menyerang cobalah untuk membaca buku atau artikel yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda, hal ini bisa menjadi cara ampuh untuk memulihkan kelelahan otak dan membuat segar kembali pikiran Anda.

6. Beralih ke tugas baru agar tidak terjebak pada satu jenis masalah

Ketika Anda sudah mulai terjebak berjam-jam pada masalah yang terjadi dalam satu jenis tugas, cobalah untuk beralih menyelesaikan tugas atau proyek yang lain. Otak Anda perlu istirahat dari permasalahan yang sulit untuk dipecahkan. Dengan menyelesaikan tugas yang lain bisa jadi akan menurunkan tensi dan tingkat stress. Setelah otak mulai relaks, kembalilah untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut.

sumber : harian KOPAS
Harian kopas,
kopas? YES!
loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS