Home » » Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan


Ibu hamil,- banyak diantara para ibu hamil pasti pernah bertanya-tanya kepada diri sendiri atau kepada dokter tempat biasa mereka periksa setiap bulanya mengenai bolehkah ibu hamil makan mie instan? terlebih lagi bagi ibu hamil yang masa kehamilannya masih terbilang mudah (hamil mudah)? Maka dari itu kali ini kami akan berbagi info mengenai bolehkah makan mie instan saat hamil muda?

Mengkonsumsi mie instan bagi ibu hamil itu memiliki mitos tersendiri dilingkungan kita, sehingga tidak jarang ibu hamil pasti kepikiran jikalau ingin memakan mie instan, lebih-lebih bagi ibu hamil yang pertama kali dan usia kehamilan masih muda pasti berfikir seribu kali ketika hendak makan mie instan "Boleh gk ya Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?", karena ada mitos tersendiri jika ada ibu hamil yang makan mie instan. Oleh karena itu kali ini kita akan membahasnya, agar kita tahu secara ilmiahnya dan tidak hanya ikut-ikutan mitos tersebut.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?
Sebelum kita mengetahui jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil memakan mie instan, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa saja yang terdapat dalam kandungan mie instan baik dari segi gizi dan zat-zat lain yang menjadi campurannya, agar kita mengetahui baik buruknya makan mie instan dengan ilmu yang pasti tidak asal-asalan dengan fakta yang menunjang ilmu tersebut.

Berdasarkan tabel yang tercantum dibelakang kemasan mie instan, kita akan mengetahui bahwa mie instan itu mengandung banyak protein, serat, kalori, vitamin, mineral dan beberapa lemak, dari tabel tersebut kita akan mengetahui bahwa seharusnya mie instan itu bagus dikonsumsi bagi ibu hamil karena justru bermanfaat bagi kehamilan dan bagi pertumbuhan si janin yang berada dalam kandungan si ibu.

Namun disisi lain, dengan adanya bumbu mie instan yang jadi pelengkap yang selalu ada menemani disetiap kemasannya inilah yang mendatangkan problem tersendiri, karena bumbu mie instan tersebut bisa mendatangkan kontroversi berhubungan dengan bahayanya mengkonsumsi mie instan bagi ibu hamil.

Mie instan memiliki bumbu dasar yang bahan dasarnya adalah campuran dari beberapa bahan yang dua diantaranya adalah garam dan MSG. Kandungan garam yang terdapat pada mie instan diketahui jumblahnya cukup banyak bagi takaran ibu hamil, dan apabilah bumbu itu dikonsumsi secara utuh dengan intensitas sering, itu bisa memicu timbulnya tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Begitu juga dengan MSG atau vetsin, msg yang terdapat dalam bumbu mie instan bisa mendatangkan masalah seperti reaksi hipersensitif dengan gejala muntah-muntah, lemas, sakit kepala dan mual. Masalah yang dapat ditimbulkan oleh bumbu ini akan lebih fatal bila ibu hamil terlalu sering mengkonsumsinya.

Baca Juga; Bolehkah Berhubungan Intim Saat Hamil Muda

Tips Memasak Mie Instan Bagi Ibu Hamil agar Tidak Berbahaya
Setelah kita mengetahui tentang kandungan apa saja yang terdapat dalam mie instan, dan bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan jika kita sering mengkonsumsi mie instan terlebih bagi ibu hamil, maka kami akan berbagi tips dan saran dalam cara memasak mie instan agar tidak menimbulkan masalah tersebut, atau paling tidak tips ini bisa meminimalisir timbulnya bahaya tersebut. Berikut ini tips memasak mie instan yang baik bagi kesehatan seperti yang sudah disampaikan Dr. Ani Wediaswari seorang ahli gizi dari ITB, silahkan disimak dan dipraktekkan:


  • Untuk ibu hamil sebaiknya setiap memasak mie instan hendaknya dicampur dengan berbagai jenis sayuran seperti tomat, sawi, mentimun dan caisin supaya gizinya lebih lengkap, atau ditambah dengan sebutir telur juga bisa.
  • Untuk memasak mie rebus, hendaknya bagi ibu hamil mengganti air rebusan mie instan itu dengan air lain yang sudah dipanaskan untuk menghindari timbulnya bibit kanker pada janin yang bisa muncul akibat dari bahan zat kimia berupa bahan pengawet yang terdapat dalam mie instan.
  • ibu hamil ketika memasak mie instan, disarankan untuk membuat bumbu sendiri dengan meminimalkan jumblah garam dan MSG-nya untuk menghindari efek buruk dari bumbu mie instan, bumbu yang kita buat itu bisa dari rajangan bawang merah, bawang putih, cabai, merica dan minyak sayur.
  • Dan yang terpenting adalah, sebaiknya ibu hamil tidak terlalu sering mengkonsumsi mie instal, batas maksimal ibu hamil mengkonsumsi mie instan sebaiknya tidak melebihi 1 (satu) bungkus untuk tiap 3 (tiga) hari.

Demikian info yang bisa saya bagikan kepada para ibu hamil yang sedang mencari jawaban tentang bolehkah ibu hamil makan mie instan, semoga artikel pendek diatas bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang lain.

Dari artikel diatas bisa kita tarik kesimpulan kalau makan mie instan itu boleh saja, lebih-lebih jika kita mau mengikuti tips cara penyajian seperti yang sudah diberikan dr Ani diatas, dan hendaknya bagi ibu hamil makan mie instan seminggu sekali untuk lebih menjaga kesehatannya
Temukan artikel menarik lainnya disini >> Daftar Isi
loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS