Home » , » Amalan Pengganti Shalat Tahajud

Amalan Pengganti Shalat Tahajud

Amalan Pengganti Shalat Tahajud
www.majalahinsan.com

Adakah amalan pengganti Shalat tahajud (shalat malam) yang pahalanya seperti shalat malam?

Sahabat Ashab,- Kalau kata lagu dangdut itu sakitnya disini, nyeseknya disini dan nyeselnya disini pula tatkalah kita sudah terbiasa bangun malam untuk sholat tahajud trus tiba-tiba bangun-bangun sudah terdengar adzan shubuh, entah itu dikarenakan lagi sakit atau enggak enak badan atau lagi kecapean karena habis melakukan hal-hal yang berat sehingga tidak bisa bangun malam kayak biasanya.

Meski sudah ada udhur yang syar'i dan jelas yang mengakibatkan tidak bisa bangun untuk sholat tahajud, tetap saja rasa sesal itu pasti ada bagi orang-orang yang sudah terbiasa dan sudah membiasakan sholat tahajud karena tahu bahwa dirinya baru saja meninggalkan sebuah amalan yang banyak sekali keutamaannya.

Tsabit Al Banani berkata, "Saya merasakan kesulitan untuk shalat malam selama 20 tahun dan saya akhirnya menikmatinya 20 tahun setelah itu." (Lathoif Al Ma'arif 46). Tidak mudah untuk bisa membiasakan bisa bangun untuk qiyamullail (sholat tahajud), butuh kerja keras dan istiqomah yang tinggi makanya bagi orang yang terbiasa bangun pasti akan merasa ada yang hilang kalau mereka semalam saja meninggalkan qiyamullail meski ada udhur yang jelas.

Kalau memang sudah terbiasa shalat tahajud, tapi pada waktu tertentu tidak melaksanakan karena ada udzur, maka bisa mengganti dengan melaksanakan shalat sunnah di waktu dhuha sebanyak jumlah rakaat shalat malam yang menjadi kebiasaan ditambah satu rakaat sebagai penggenapan.

Misal kamu biasa melaksanakan 3 rakaat shalat malam, maka bila tidak melaksanakan karena udzur, maka bisa mengganti dengan shalat dhuha 4 rakaat.

Dari A’isyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا فَاتَتْهُ الصَّلاَةُ مِنَ اللَّيْلِ مِنْ وَجَعٍ أَوْ غَيْرِهِ صَلَّى مِنَ النَّهَارِ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam punya kebiasaan ketika tidak mengerjakan shalat malam karena sakit atau yang lainnya, beliau shalat di siang harinya sebanyak 12 rakaat.” (HR. Muslim 746).

Kalau kita terus melewatkan shalat tahajud karena alasan yang nggak syar'i, kudu introspeksi diri nih.

Ada yang berkata pada Ibnu Mas'ud, "Kami tidaklah sanggup mengerjakan shalat malam." Beliau lantas menjawab, "Yang membuat kalian sulit karena dosa yang kalian perbuat." (Ghodzaul Albaab, 2/504).

Allahu a'lam.

Baca Juga :


Terimakasih anda barusan membaca artikel dengan judul "Amalan Pengganti Sholat Tahajud"

jangan lupa LIKE dan SHARE jika dirasa bermanfaat.
Sumber: 

loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS