Home » , » Inilah Amalan Ringan Berpahala Besar

Inilah Amalan Ringan Berpahala Besar

Inilah Amalan Ringan Berpahala Besar


 عن عائشة بنت أبي بكر الصديق –رضي الله عنهما- قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ((أَحَبُّ الْعَمَلِ إِلَى اللَّهِ مَا دَاوَمَ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ وَإِنْ قَلَّ )) متفق عليه , و اللفظ لمسلم

Dari ‘Aisyah binti Abi Bakr Ash-shiddiq –radhiallahu anhuma- berkata : Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda : “Amalan yang lebih dicintai Allah adalah amalan yang terus-menerus dilakukan walaupun sedikit.” (HR Bukhari dan Muslim, dengan lafazh Muslim)

Kaum muslilmin yang dirahmati Allah, diantara yang diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pada kita adalah rutin mengamalkan amalan shalih meskipun amalan itu sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang remeh oleh sebagian orang. Namun ternyata tanpa kita sangka, ternyata amalan tersebut mengandung pahala yang besar.

Berikut adalah 12 amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan, namun besar pahalanya, berdasarkan hadits yang shahih:

1. Membaca : subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan: (yaitu bacaan) subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim [Mahasuci Allah dan dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung]” (HR. Al Bukhari)

2. Wudhu dengan sempurna dan membaca do’a, sebagaimana hadits berikut:

Dari Umar bin Khattab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, kemudian selesai wudlu dia membaca: asyhadu allaa ilaha illallah wa anna muhammadan abdullahi wa rasuuluh [aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan bahwasanya Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya], maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya delapan, dan dia boleh masuk dari pintu mana saja yang dia sukai.” (HR. Muslim)

3. Mendoakan orang lain mendapatkan pahala sebanyak orang   yang didoakan.

Melakukan amalan tanpa melakukannya dengan susah payah tapi mendapatkan pahala besar adalah hal yang sangat mustahil. Mendapatkan pahala besar tanpa mengeluarkan biaya, keringat dan tenaga. Salah satu amalan yang dapat dilaksanakan adalah mendoakan orang lain.

“Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atau pun perempuan   niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan  yang didoakannya.” (HR.al-Thabrani dan di anggap hasan oleh Albani)

Maka perbanyaklah mendoakan orang lain dalam kebaikan dan ketaqwaan. Dan janganlah kalian mendoakan mereka dalam keburukan, suatu hal yang tak mungkin terjadi, memutus silaturahim, dan  mendoakan orang kafir agar diampuni, tetapi boleh kita berdoa agar ia di beri hidayah untuk masuk ke dalam Islam. Salah satu doa yang mungkin biasa dipraktekan:    “Ya Allah, ampunilah dosa orang-orang muslim baik laki-laki maupun wanita, baik  yang masih hidup, atau yang telah meninggal dunia. Dengan rahmat Mu  Ya Allah yang maha pengasih dan maha penyayang.”

4. Dahsyatnya Dzikir

a. Dzikir lebih banyak daripada dunia dan seisinya.

Apakah ada kekayan yang lebih tinggi nilainya daripada dunia dan seisinya? Dzikir adalah salah satunya. Amalan ini ringan dan membutuhkan waktu yang singkat tapi dapat mengalahkan nilai kekayan dunia dan seisinya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Aku membaca: Subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar (maha suci allah, segala  puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhaq diibadahi selain Allah dan Allah maha besar). Bacaan itu lebih aku sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang dibawah sinar matahari.” (HR. Muslim)

Maka perbanyaklah dzikir, ia adalah amalan yang ringan tapi bernilai berat di sisi Allah subhanahu wataa’la.

b. Dzikir yang pahalanya lebih daripada membebaskan sepuluh budak.

Membebaskan seorang  budak mengeluarkan  biaya yang besar. Dan membebaskan sepuluh orang budak di zaman ini budak sudah tidak ditemukan lagi. Nah, amalan ini berpahala imbang dengan membebaskan sepuluh orang budak, dalam hadistnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca: “(Tidak ada illah yang berhaq diibadahi selain Allah yang tunggal, tiada sekutu bagiunya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian dan dia berkuasa atas segala sesuatu), pada setiap hari seratus kali maka baginya seimbang dengan memerdekakan sepuluh budak sahaya dan tertulis baginya seratus kebaikan dan dihapus daripadanya seratus dosa dan menjadi perlindungan baginya sepanjang hari itu hingga sore hari. Dan tidak ada seorang pun yang lebih utama dari yang berbuat seperti itu atau yang lebih banyak dari pada itu.” (disepakati oleh Bukhari dan Muslim)

c. Dzikir yang pahalanya memenuhi timbangan amal.

Pada hari akhir nanti semua orang akan ditimbang oleh  Allah akan amal perbuatannya. Apabila lebih berat pahalanya maka ia akan dimasukan ke dalam syurga dan apabila lebih berat dosanya maka ia akan dimasukan ke dalam neraka. Na’udzubillahi min dzaalik. Nah amalan ini ringan tidak susah diamalkan namun berat dalam timbangan. Dari Abu Malik Al-asy’ari radhiallohu ‘anhu, Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Kebersihan itu separuh keimanan,dan ucapan alhamdulillah itu memenuhi timbangan amal, dan Subhaanallahi walhamdulillah itu memenuhi keduanya atau memenuhi antara langit dan bumi.” (HR. Muslim)

Apabila kita mengucapkannya dengan keyakinan mantap maka tidaklah ringan timbangan kita di hari kiamat kelak. Insya Allah. Dan pada hadist lain:

“Ada dua kalimat yang ringan diucapkan dilisan, dicintai oleh Allah Yang Maha Penyayang, berat ditimbangan yaitu Subhaanallah wabihamdih Subhaanallahil ‘adziim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengarkan pesan ini: kunci sukses ada perhatian dan kerajinan. Tidak usah berpikir panjang lebar karena dzikir ini tidak berat.

5. Doa Masuk Pasar Untuk Mendapatkan 3 Juta Keutamaan

Hendaklah diantara  kalian mengucapkan doa sebelum masuk kedalam pasar. Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang masuk kedalam pasar dengan membaca:

“(Tiada tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memilii kerajaan dan pujian, yang menghidupkan dan mematikan dan Dialah Maha Hidup dan tidak akan pernah mati, ditangan-Nya segala kebaikan  dan dia maha kuasa atas segala sesuatu), niscaya Allah akan membrikan kepadanya seribu-seribu (sejuta) kebaikan dan menghapus seribu-seribu (sejuta) keburukan serta diangkat kedudukannya seribu-seribu (sejuta) derajat. Dalam riwayat lain dikatakan: Niscaya Allah akan membangunkan rumah di dalam syurga.”(HR.Tirmidzi dan Albani menganggapnya hasan).

Oleh karena itu jangan kalian lupa untuk membaca doa tersebut karena di dalamya terdapat 3 juta keutamaan. Dan Allah menetapkan kepadanya sejuta kebaikan, menghapus sejuta kesalahan, dan meninggikan baginya sejuta derajat. Bagi kamu yang belum melakukannya. Maka cepat hafalkan doa nya.

6. Memberi Kelonggaran bagi yang Berhutang akan Mendapatkan Pahala Sedekah Dua Kali Lipat

Sudahkah kalian merasakan betapa beratnya bersedekah. Mengeluarkan uang yang menurut kita sangat berarti bagi kita.Kan tetapi ada juga amalan yang menyumbang secara tidak sengaja. Dalam hadist berikut ini, Rasulullahu shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang memberi tempo kepada seorang belum mampu membayar hutang maka setiap hari ia memiliki sedekah sampai hutang itu jatuh tempo. Jika jatuh tempo dan orang itu belum mampu membayar hutangnya kemudian ia memberi kelonggaran lagi, maka setiap hari ia bersedekah dua kali lipat dari harta yang dipinjamkannya.” (dianggap shahih oleh Hakim dan disepakati oleh Al-Bani)

Amalan ini dapat kita lakukan  dengan cara memberi tempo kepada orang yang belum mampu membayar hutang kepada kita. Kita tida berinfak kepada orang lain tetapi hanya memberi kelonggaran terhadap orang yang berhutang tetapi kita akan mendapatkan pahala berinfak. 

7. Menjenguk Orang Sakit Didoakan oleh 70.000 Malaikat

Malaikat adalah makhluk yang maksum. Dalam artian malaikat adalah makhluk yang tidak memiliki dosa dan salah. Oleh karena itu doa para malaikat akan mudah dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala. Dan sangat bagus kalau kita bisa didoakan oleh malaikat. Tips berikut yang diajarkan oleh Rasulullah agar kita bisa didoakn oleh  para malaikat.

“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap dipetik di dalam surga.” (HR. Tirmidzi dan dia berkata hasan dianggap shahih oleh Al-Bani)

Menjenguk orang sakit mudah dilakukan sambil kita mempererat tali silaturahim dan kekerabatan. Apalagi menjenguk orang sakit adalah salah satu kewajiban muslim terhadap muslim lainnya.

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda: ”haq seorang muslim terhadap muslim lainnya ada enam. Dikatakan kepada beliau, apa itu Yaa Rasulullah?? Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: ”engkau hendaknya memberi salam ketika bertemu kepadanya, menghadirinya undangannya, memberi nasihat ketika ia meminta, mendoakannya ketika ia bersin jika ia memuji Allah, dan menjenguknya ketika ia sakit, dan engkau selenggarakan jenazahnya jika ia meninggal dunia.” (HR. Muslim)

8. Membaca Satu Huruf dari Al-qur’an Mendapat Sepuluh Pahala

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-qur’an maka ia mendapat satu kebaikan dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan Aliflaammim itu satu huruf, tapi aliif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.”(HR. Tirmidzi)

Membaca Al-Qur’an sangat mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, bisa kita lakukan dengan murojaah, dalam shalat dan lain-lain. Al-Qur’an adalah bacaan yang mulia oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk membacanya, terlebih lagi kalau kita menghafal, mentadaburi, mengamalkan, dan mendakwahkannya. Berapa besar pahala yang kita dapatkan. Terlebih lagi apabila kita membacanya hingga khatam. Belum lagi termasuk doa-doa yang kita baca dalam Al-Qur’an, selain kita mendapatkan pahala kita juga dapat berdoa untuk diri kita dan banyak manfaat lain dalam membaca Al-Qur’an. 

9. Belajar di Masjid atau Membaca Al-Qur’an Pahalanya Lebih Besar daripada Mendapat Unta Dua Ekor

Pernahkah dari kalian mendapatkan seekor unta. Unta di negeri kita tidak dapat ditemukan. Adapun jika pergi ke dataran Arab unta termasuk binatang yang sangat mahal harganya. Dengan membaca al-Qur’an di masjid atau sekadar untuk belajar saja maka kita setara dengan memiliki dua ekor unta tanpa harus pergi untuk membeli ke dataran Arab dan tidak mengeluarkan uang sedikit pun. Dan juga masih banyak keutamaan lainya jika kamu mengerjakan amalan yang bermanfaat di dalam masjid. Seperti mendengarkan kajian dan lain-lain. Rasulullah shalallahu ‘alihi wasallam bersabda:

“Siapakah diantara kalian yang pergi buthaah atau al-‘aqiiq kemudian ia pulang dengan membawa dua ekor unta yang bagus-bagus tanpa berbuat dosa atau memutuskan tali persaudaraan? Kami menjawab, “kami semua menginginkan“. Rasulullah shalallahu ‘alihi wasallam bersabda: ”Mengapa kamu tidak pergi ke masjid kemudian kamu belajar di sana atau membaca dua ayat dari kitab Allah subhaanahu wa ta’ala maka itu lebih baik daripada dua ekor unta dan bila belajar atau membaca tiga atau empat ayat maka lebih baik dari tiga atau empat unta dan selanjutnya setiap hitungan sama dengan hitungan  unta.”(HR. Muslim dan Ahmad)

Oleh karena itu marilah kita berlomba-lomba untuk mendapatkan unta sebanyak-banyaknya.

10.  Muadzin atau Tukang Adzan Mendapat Pahala Sebanyak Orang Sholat Bersamanya dan wajib Masuk Surga

a. Pahala Sebanyak Pahala Orang Shalat Bersamanya.

“Muadzin (tukan adzan) itu akan diampuni dosa-dosanya sesuai dengan panjangnya suara adzan dan pahala seperti orang-orang yang shalat bersamanya.”(HR.Al-Thabrani.Dianggap shahih ole al-Bani)

Dalam hadist ini berisikan terdapat dua pahala bagi seorang muadzin yaitu:

1. Dihapus dosa-dosanya. Berapakah dosa yang terhapus? Dosa yang terhapus sesuai dengan panjangnya suara jangkauan adzannya. Artinya semakin besar dan panjang jangkauannya maka semakin banyak pahala yang akan terhapus. wallahu a’lam bisshawaab.

2. Seoarang muadzin mendapat pahala sebanyak orang yang shalat bersamanya. Jika semakin banyak orang yang pergi shalat ke masjid karena mendengar seruan adzan darinya maka artinya ia mengajak orang lain dalam kebaikan dan ketaqwaan. Termasuk pekerjaan yang mulia bukan?

b. Wajib Masuk Syurga

“Barang siapa yang mengumandangkan adzan selama dua belas tahun maka ia wajib masuk surga. Sekali adzan pada tiap hari ia memperoleh enam puluh kebaikan dan setiap iqamah memperoleh tiga puluh kebaikan.” (HR. Ibnu Majah dan Dianggap shahih oleh al-Bani)

Subhaanallah besar sekali bukan ganjaran yang Allah berikan kepada seorang muadzin. Karena menjadi seorang muadzin adalah pekerjaan yang sangat mulia yaitu mengajak muslim atau muslimah untuk mengingat Allah. Seorang muadzin akan masuk surga jika ia menjadi seorang muadzin selama dua belas tahun secara berturu-turut. Apabila dari kalian tertarik ingin menjadi seorang muadzin, maka hadist ini insyaallah akan menguatkan niat kalian untuk menjadi seoprang muadzin. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sesungguhya hamba Allah pilihan adalah orang yang memperhatikan matahari, bulan, bintang ,dan bayangan,untuk mengingat alloh ‘azza  wajalla.”(As-shilsilah as-Shohihah: vi/1299)

Hadist ini menjelaskan keutamaan bagi para muadzin yang ikhlas. Hadist ini disampaikan agar seorang seorang muslim berhasrat kuat untuk menjadi bagian dari mereka, atau turut bersama mereka-walau sesekali dalam memperoleh kebaikan yang dikabarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

11. Puasa Arafah Penghapus Dosa Dua Tahun dan Puasa Syawal Seperti dengan berpuasa satu Tahun

Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah tahun Hijriyyah. Dinamakan Puasa Arafah karena para jamaah haji sedang wukuf di padang Arafah. Puasa ini disunnahkan oleh para muslim dan muslimah yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji. Puasa ini hanya terdapat sekali dalam setahun. Oleh karena itu kita wajib untuk memburunya. Ganjaran bagi kalian yang melaksanakan puasa tersebut adalah dengan dihapusnya dosa-dosa satu tahun yang akan datang dan satu tahun setelahnya. Oleh karena itu momen ini sangat berharga bagi kamu. Dalam hadistnya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari Arafah maka beliau menjawab, ”Ia (puasa Arafah) dapat menghapus dosa-dosa pada tahun yang lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang.”(HR. Muslim)

Namun dalam puasa ini hanya dapat menghapus dosa-dosa kecil saja. Karena dosa-dosa besar hanya dapat dihapus dengan taubat dan meminta ampunan kepada-Nya.

Adapun puasa Syawal, adalah puasa di bulan Syawal selama enam hari. Ini dia hadist yang berisikan tentang pauasa Syawal:

“Barang siapa puasa pada bulan Ramadhan  kemudian diikuti dengan puasa enam hari dibulan syawal maka akan seperti berpuasa selama satu tahun.” (HR. Muslim)

Besar sekali bukan lipatan ganda ganjaran yang diberikan Allah bagi orang melakukan puasa Syawal. Karena Allah akan selau melipat gandakan sepuluh kali lipat bagi para hamba-hambanya yang selalu mengerjakan amalan kebaikan. Simak dalilnya dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

“Barangsiapa yang membawa amalan yang baik maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya, dan bagi siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi balasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-An’am: 160)

Oleh karena itu tunggu apalagi untuk tidak melakuakan puasa syawal. Puasa Syawal dapat dilakukan dengan berpuasa selama 6 hari berturut-turut dibulan syawal. Namun bisa  juga dilakukan dengan tidak berturut-turut asalkan berjumlah enam hari.

12. Besarnya Pahala Bersegera dan Menanti Shalat Jum’at

Menanti shalat jum’at tiap langkah pahalanya sebesar setahun puasa dan shalat malamnya. Adapun jika bersegera mendatangi shalat jum’at maka bagi mereka seperti berkurban seekor unta. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barang siapa yang mandi sebagaimana mandi janabah pada hari jum’at kemudian pergi (pagi-pagi) ke masjid dengan berjalan kaki, tidak naik kendaraan, duduk dekat imam untuk mendengarkan Khutbah dan tidak berbicara pada setiap langkahnnya ia memperoleh pahala satu tahun pahala puasa dan shalat.”(HR. Ibnu Majah dan dianggap shahih oleh Al-Bani)

Jadi syarat bagi kaum laki-laki yang ingin pergi shalat jum’at dengan membawa pahala sebesar satu tahun puasa dan shalat malamnya adalah: mandi sebelum berangkat sholat jum’at, pagi-pagi tanpa menggunakan kendaraan, duduk dekat imam, dan tidak berbicara saat khotib sedang berkhutbah.


Terimakasih anda barusan membaca artikel dengan judul "Inilah Amalan Ringan Berpahala Besar"

jangan lupa LIKE dan SHARE jika dirasa bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

Al-qur’anul kariim
Ihsan Al-Atsary Abu dan Ihsan Choiriyyah Ummu, Panduan Amal Sehari Semalam, Cetakan ke-3, Juni 2011.
Bin Abdul Qadir Jawaz Yazid, Sedekah sebagai bukti keimanan dan penghapus dosa, Cetakan ke-3, Agustus 2010, Pustaka At-Taqwa.
Al-Khurasyi Sulaiman, Sunnah tapi Dilupakan,  Cetakan-1, Juli 2009 M/ Rajab 1430 H, Aqwam.
Bin Abdur Qadir Jawaz Yazid, Doa dan Wirid, cetakan ke-7, Juni 2007, Pustaka Imam As-Syafi’i.
‘Aziz Bin Baaz Bin ‘Abdulloh Syeikh ‘Abdul, Haji Umrah dan Ziarah, diCetak Oleh Departemen Urusan Keislaman.
Syahidah Al-Haqq Abu, Ringan Tapi Pahalanya Gede, Cetakan ke-3, Februari 2009, PT.Mirqat Tebar Ilmu.

Sumber:
loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS