Home » » Panduan Lengkap Tata Cara Tayamum

Panduan Lengkap Tata Cara Tayamum


Panduan Tayamum,- Kali ini admin akan membahas tentang panduan lengkap tata cara tayamum, sebaba-sebab dibolehkanya tayamum, syarat sahnya bertayamum dan rukun melakukan tayamum, beserta bacaan niat tayamum.

Mungkin saat ini kita akan beranggapan bahwa kita mungkin tidak akan menjumpai situasi yang akan mengakibatkan kita sampai bertayamum, karena sesuai yang telah kita ketahui, hampir disetiap tempat kita pasti selalu menjumpai air yang bisa dipakai untuk berwudhu ketika hendak sholat.

Mungkin kita akan sepakat dengan itu, tapi kalau difikir lagi kita juga akan tidak sepakat karena siapa yang akan mengetahui keadaan kita dimasa depan. sebagai cintoh: kita lagi perjanan jauh naik bis sampai 8-10 jam lebih yang airnya minim, atau naik kereta, atau mungkin kita lagi naik pesawat dengan jarak tempu yang jauh sampai berjam-jam. Maka kita bisa tayamum di bis tersebut, kita bisa tayamum di pesawat, kita juga bisa bertayamum di kereta api, jadi kita wajib tahu ilmu tentang bertayamum buat jaga-jaga.
Panduan Lengkap Tata Cara Tayamum

Panduan Lengkap Tata Cara Tayamum, Do'a dan Niat Tayamum Sesuai Tuntunan Nabi

Pengertian Tayamum

Tayamum adalah berwudhu atau mandi wajib dengan debu atau dengan tanah yang harusnya berwudhu dan mandi tersebut harusnya dengan air yang suci dan bersih, karena ada beberapa udhur maka kita melakukan tayamum. Bertayamum tidak boleh menggunakan tanah berlumpur, tanah atau debu yang najis tau terbingkai pasir halus, sedangkan pecahan batu yang halus bisa dijadikan alat tayamum. 

Pasti dibenak kita itu tiap kali tayamum itu pasti tayamum dengan debu di tembok, kalau kita baca pengertian diatas maka tidak harus debu yang ada di tembok atau di dinding. Jadi tayamum itu tidak harus debu di tembok saja, tapi bisa dengan debu-debu yang lainya asalkan berdih dari kotoran.

Apabilah kita habis tayamum terus mengerjakan sholat, sesudah sholat kita menjumpai air, maka kita tidak wajib mengulangi sholat kita. Beda lagi dengan pakaian yang najis atau kotor yang kita bersihkan dengan cara tayamum jika menjumpai air sesudah itu maka harus tetap dibersihkan dengan air.

Namun jika kita sudah melakukan tayamun sesuai dengan ajaran nabi dan belum mengerjakan shalat trus tiba-tiba kita menjumpai air, maka kita wajib berwudhu kembali dengan air yang kita jumpai tadi, kita tidak boleh memakai tayamum tadi untuk melakukan shalat karena sudah ada air.

Berbedah lagi dengan orang yang sakit yang memang tidak boleh terkena air maka dia boleh bertayamum dengan debu meski ada air di tenpatnya dan langsung shalat dengan tayamum. Oke langsung saja mari kita bahas tenatang panduan lengkap tata cara tayamum.

Sebab Sebab Bolehnya Melakukan Tayamaum:
  • Ketika hendak mengerjakan shalat tidak menjumpai air untuk dipakai buat wudhu maka boleh bertayamum.
  • Ketika mau mengerjakan shalat punya air tapi tidak banyak, sehingga jika dipakai untuk berwudhu takutnya tidak mempunyai persediaan air untuk diminum, maka pada saat itu boleh tayamum sebagai ganti wudhu.
  • Ketika hendak shalat pas hendak berwudhu ada air tapi airnya kotor atau berbahaya mungkin tercampur dengan zat yang bahaya maka boleh diganti dengan bertayamum wudhunya.
  • orang yang sakit yang tidak boleh bersentuhan dengan air, maka orang tersebut boleh mengganti wudhu dengan bertayamum.


Syarat Sah-nya Tayamum
  • Sudah memasuki waktu shalat.
  • Sudah memenuhi sebab-sebab bolehnya bertayamum
  • Menggunakan debu atau tanah yang bersih dari najis dan kotoran.
  • Sudah mencoba mencari air tapi tidak menemukan.
  • Sudah menghilangkan hadats atau najis yang melekat pada tubuh.
  • Dan bagi perempuan tidak pada kondisi haid atau nifas.


Rukun Tayamum
  • Niat melakukan tayamum
  • Mengusap muka dengan debu atau tanah.
  • Mengusap kedua tangan sampai de siku dengan debu atau tanah.


Sunah Ketika Mengerjakan Tayamum
  • Membaca Bismillah
  • Menghadap kearah kiblat
  • Mendahulukan yang kanan dari pada kiri
  • Meniup debu yang ada di telapak tangan.
  • Menggosok sela-sela jari setelah menyapu tangan kesiku


Tata Cara Melakukan Tayamum

1- Niat Tayamum, niat ini bisa dibaca dalam hati atau bisa diucapkan dengan lisan, boleh berbahasa indonesia dan juga boleh berbahasa arab.
contoh lafadz niat dalam bahasa arab:

2- Meletakan kedua telapak tangan didebu di tembok atau tanah kemudian ditiup.
2- Setelah ditiup langsung diusapkan ke muka dua kali usapan.
Setelah Mengusap muka langsung mengusap kedua tangan sampai ke siku dengan dua kali usapan

*** Untuk perateknya bisa di lihat di video dibawah ini:



Demikian pembahasan artikel kali ini mengenai "Panduan Lengkap Tata Cara Tayamum", semoga bermanfaat.
Langkah-langkah tata cara tayamum diatas bisa dipakai ketika kita berada di pesawat, untuk lebih jelasnya bisa membaca tata cara tayamum di pesawat, tata cara tayamum diatas bisa dipakai dikereta atau di kendaraan yang lainnya.
loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS