KETAHUI CARA MENDIDIK ANAK LAKI LAKI MENURUT ISLAM - Ashabul Yoichi

KETAHUI CARA MENDIDIK ANAK LAKI LAKI MENURUT ISLAM

Cara Mendidik Anak,- Dalam mendidik anak kita harus mempunyai referensi konsep parenting yang bagus, baik dan benar. Seperti yang sudah dibahas diartikel parenting nabawiyah kemarin, kita tidak boleh asal comot konsep dalam cara memdidik anak laki laki kita, karena banyak konsep pengajaran yang sekilas nampak bagus tapi hasil dalam pertumbuhan anak menunjukkan kejelekan atau terdapat kesalahan. Contoh anak pandai tapi berani terhadap orang tua (positif terdapat negatif).

KETAHUI CARA MENDIDIK ANAK LAKI LAKI MENURUT ISLAM

Pendidikan anak adalah mutlak tanggung jawab kedua orang tuanya, tidak bisa dengan mudah diwakilkan kepada orang lain karena hasilnya nanti akan dikembalikan kepada orang tuanya lagi. Anak sholeh akan menjadi investasi terbaik bagi kedua orang tuanya, begitu pula sebaliknya, karena anak anak kitalah yang nantinya akan menyeret dan menarik kita kelak di persidangan akhirat, anak sholeh/sholeha akan menarik dan mengangkat kita dari hasil amal jelek kita didunia, sedang anak yang khufur akan menyeret kita dari hasil amal baik yang sudah kita kerjakan didunia.

Karena anak kita adalah sebuah investasi masa depan kita, maka kita harus mengurusnya dengan benar tidak asal asalan, jangan sampai investasi kita buntung alias gagal karena keteledoran kita dalam mendidiknya. Oleh karena itu mendidik anak dari usia dini itu sangat penting dan mendesak, tidak boleh dikesampingkan.

Trus konsep pendidikan mana yang bisa kita terapkan pada anak laki laki kita ini? Kita pasti agak bingung jikalau ada pertanyaan yang kayak gini, soalnya apa yang kita dapati saat ini tidak sesuai dengan harapan banyak orang tua, banyak yang bilang kalau konsep pendidikan anak yang bagus adalah konsep pendidikan yang diusung oleh barat, tapi kenyataannya adalah hasil dari konsep mereka tidak cocok bagi budayah kita, bagi agama kita. Mereka boleh unggul dibidang keilmuan, tapi mereka sangat rusak dibidang adab dan sosial terhadap orang tua atau keluarga dan lingkungan sekitar. Apakah itu yang namanya sukses dalam mendidik anak? bagi budayah kita itu adalah kegagalan.
KETAHUI CARA MENDIDIK ANAK LAKI LAKI MENURUT ISLAM

Mendidik Anak Ala Rasulullah
Tidak ada konsep pendidikan yang bagus dan benar kecuali pendidikan yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah kepada Anak-anaknya, Cucu-cucunya dan para sahabatnya. Rosulullah bisa mengetahui bagaimana mendidik dan bermain dengan anak sesuai dengan usianya, sehingga meski tampak bermain tapi sianak tahu kalau dalam permainan itu terdapat sebuah pelajaran, kalau kita mau membaca atau mendengarkan serial kisah sahabat Rasul, kita pasti akan takjub. Oleh karena itu kita akan mencoba belajar bagaimana cara mendidik anak laki laki sesuai islam, mendidik anak laki laki ala Rosulullah.

  • Memberikan Nama yang Bagus
Salah satu cara agar anak kita bisa menjadi anak yang kita harapkan adalah kita harus selalu mendoakan anak tersebut setiap saat, dan memberi nama yang bagus untuk anak anak kita adalah seperti kita menyematkan do'a kita kepada anak tersebut. Oleh karena itu rosulullah melarang para sahabatnya menamai anak anak mereka dengan nama yang bermakna jelek, bahkan rasulullah sendiri sampai mengganti beberapa nama sahabatnya yang mempunyai nama yang memiliki arti jelek.

Karena jika kita menamai anak kita dengan nama yang bagus atau sesuai dengan arti apa yang kita harapkan pada anak kita, maka setiap kali kita memanggil nama anak kita, kita secara tidak langsung mendoakan anak kita tersebut. Berikut Nama Nama Anak Laki Laki yang Bagus dalam Al-Qur'an

  • Islam Sebagai Pondasi Awal Pendidikan
Menjadikan agama islam sebagai pondasi awal dalam mendidik anak laki laki kita adalah sebuah kewajiban, karena dari pondasi awal inilah yang akan membedakan hasil akhir didikan kita dengan anak yang dididik tanpa berlandasan agama islam. Kita harus sedini mungkin mengajarkan agama islam pada anak anak kita, kuatkan akhidah anak kita, akhlak anak kita, dan ajarkan selalu mulai dari dini agar selalu bersikap islami.

Karena dari kokohnya akhidah sejak dini yang akan jadi benteng dan pelindung bagi anak kita ketika beranjak dewasa, anak kita akan terkontrol dengan sendirinya meski kita tidak sedang mengawasi mereka dikarenakan kokohnya pondasi agama yang sudah tertanam dalam diri mereka.

  • Mengajari Al-Quran Sedini Mungkin
Kalau kita bicara tentang cara mendidik anak agar menjadi investasi yang bagus buat kita nanti, maka lewat mengajarkan al qur'an adalah jalannya. Mengajari Al-Qur'an harus sudah tertanam sedini mungkin, bahkan kalau bisa ketika anak masih dikandungan baru berumur 3 atau 4 bulan kita sudah mengenalkan lantunan ayat ayat suci al-qur'an, karena dari proses ini dengan istiqomah yang tinggi dalam mendidik anak, insya Allah dengan cara tersebut bisa menjadikan anak kita menjadi anak generasi qur'an, insya Allah bisa menjadi penghafal al-qur'an. Dan yang akan untung adalah kita sebagai kedua otang tuanya karena kelak kita akan diberih mahkota pada hari kiamat karena kita memiliki anak yang menjaga alqur'an.

  • Selalu Menjadi Orang Tua Panutan
Karena kita sedang membahas cara mengajari anak laki laki, maka sosok orang tua yang paling disorot agar menjadi panutan adalah sorang ayah. Seorang anak sebelum mengidolakan perilaku orang lain pasti anak laki laki tersebut mengidolakan sosok ayah kandungnya, kabiasaan apapun seorang ayah pasti sudah direkam dan secara tidak langsung sudah di praktekan dalam kehidupan anak tersebut.

Oleh karena itu sebelum mendidik anak anak kita, kita sendiri sudah belajar cara mendidik anak yang baik dan selalu berprilaku yang baik karena mengubah prilaku jadi baik itu tidak mudah kecuali memang orang tersebut sudah mempunyai habit prilaku baik. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

  • Selalu Memperhatikan Perkembangan Anak
Setiap pendidikan yang akan kita ajarkan pada anak laki laki kita harus sesuai dengan usia mereka, karena jenjang pendidikan itu bertahap step by stepnya tidak bisa dipukul rata atau mengajari semua dalam satu waktu. Setiap orang tua harus tahu cara mendidik anak laki laki di usia 1 tahun, 5 tahun, 7 tahun, 11 tahun sampai pada usia remaja. harus bertahap cara mendidiknya sesuai dengan psikologi dan cara berfikirnya, seperti yang sudah dicontohkan dalam dunia pendidikan islam adalah pada usia 7 tahun pertama anak dididik dengan cara yang halus dan lembut, pada usia 7 tahun kedua anak dididik dengan tegas di iringi kasih sayang, dan di usia 7 tahun ketiga keatas anak dididik dengan cara persahabatan. 

Dengan cara seperti itu maka anak akan tumbuh matang pada usia yang pas, sang anak akan cepat tanggap apa yang harus dia kerjakan di usia yang dimilikinya tidak ke kanak-kanakan.

  • Ajarkan Ketegasan dan Kasih Sayang
Salah satu sifat yang mutlak harus dimiliki seorang anak laki laki adalah prilaku tegas, makanya ketika anak sudah masuk umur 7 tahun kedua kita sudah harus mengajari ketegasan pada anak dengan kasih sayang, jika lalai dalam sholat kita sudah mengasih hukuman tapi dengan cara yang lembut.

Ketegasan yang dibarengi dengan kelembutan akan menjadi kebijaksanaan, dan sifat bijaksana itu penting bagi anak laki laki karena mereka adalah calon pemimpin dimasa depannya.

  • Ajarkan Sikap Kepemimpinan
Jiwa kepemimpinan bagi anak laki laki harus sudah diasah sejak dini, karena kodrat anak laki laki adalah menjadi seorang pemimpin "Rijal Qowwam ala Nisa'"

Didiklah anak anda agar memiliki sikap kepimpinan yang baik, ini bisa ditunjukan dengan cara mengajari anak agar bisa mengayomi dan menghormati teman-temannya, mengajari anak agar selalu mengajak temannya dalam mengerjakan kebaikan. 
Dengan sedini mungkin anak laki laki kita ajari sikap kepemimpinan, maka kelak ketika sudah dewasa anak tersebut akan mudah bergaul dan bisa diandalkan oleh orang disekitarnya.

Mudah-mudahan artikel diatas bisa menjadi referensi dalam mendidik anak laki laki kita, bisa dijadikan sebagai panduan catatan Cara Ayah Mendidik Anak Laki Laki Secara Islami Sejak Dini.


Belum ada Komentar untuk "KETAHUI CARA MENDIDIK ANAK LAKI LAKI MENURUT ISLAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel