Home » » Google Sandbox

Google Sandbox

Pengertian, Penyebab Terkena dan Cara Mengatasi Google Sandbox

Assalamualaikum. .
Selamat datang di blog Ashabulkholifatullah.blogspot.com. Blog yang sebenarnya saya buat hanya untuk mengikat ilmu yang sudah saya dapat dari beberapa sumber dari blogger-blogger tetangga. Sebenarnya blog ini hanya di peruntukkan untuk pemilik blog ini sendiri, ya bisa di bilang sebagai catatan pribadi pemilik blog ini (Ashabul Kholifatullah).

Beberapa hari yang lalu saya disibukkan dengan pertanyaan temen blogger saya. Temenku itu bingung, kenapa tiap kali dia membuat blog pasti masuk google sandbox?? Dia membuat blog baru pakai email yang berbedapun tetap saja masuk penjara pasir ala google sandbox.

Saya sendiri tidak pernah tahu dan sebelumnya tidak pernah ingin tahu tentang google sandbox, hanya perna mendengar istilah google sandbox dan tidak pernah mempelajarinya, ya karena mungkin selama ini tiap kali membuat blog tidak pernah terkena pinalty dari google sandbox baik yang blog baru atau blog yang sudah berumur, tapi gak tahu kenapa temenku itu tiap kali membuat blog kok pasti masuk google sandbox, karena mulai penasaran dan ingin tahu, jadi saya putuskan untuk mencari tahu dan saya posting disini siapa tahu beberapa waktu yang akan  datang saya memerlukan ilmu tentang google sandbox lagi, jadi kan tidak usah browsing kesana kemari lagi intuk mencari tahu.

Ok, mari kita mulai membahas semua tentang yang berhubungan dengan google sandbox. Mulai dari pengertian, penyebab dan cara keluar dari google sandbox.
Google Sandbox
Penjara Google Sandbox

Apa itu Google Sandbox?? dan Pengertiannya

Google sandbox untuk artian secara perkata adalah sand yang berarti pasir dan box yang berarti kotak yang secara tidak langsung memiliki artian bahwa google sandbox (kotak pasir) itu diibaratkan seperti sebuah kotak pasir yang dibuat untuk memfilter air, kotak pasir itu digunakan untuk memnyaring atau memfilter air yang kotor melalui kotak pasir, begitu juga dengan cara kerja google sandbox yang digunakan untuk memfilter artikel sebuah web atau blog yang menurut google melanggar aturan atau tos google dan akan menempatkan artikel yang terkena sandbox tersebut keurutan yang bawah.

Pengertian Google Sandbox menurut Wikipedia
Google sandbox,- sandboxing atau hukuman pinalti yang diberikan google adalah semacam istilah pengamatan system google dalam menentukan peringkat web atau situs dalam indexnya, secara sederhananya google sandbox adalah dimana postingan atau web/blog kita tidak terindeks di mesin pencarian google untuk sementara waktu yang tidak ditentukan batas berakhirnya hukuman itu.

Hukuman google sandbox terbagi menjadi dua, yang pertama yaitu sandbox terhadap satu blog atau url homepage blog yang otomatis akan mendatangkan hukuman (sandbox) untuk tiap artikel-artikel blog tersebut. yang kedua yaitu sandbox yang diberikan hanya pada artikel-artikel tertentu saja, yang biasanya hal ini terjadi pada para peserta kontes seo saja, yang dikarenakan para kontestan seo tersebut terlalu melakukan over optimization seo on dan off pagenya, yang menurut google cara tersebut dianggap spam dan akhirnya memberikan hukuman (sandbox) itu kepada artikelnya.

Akibat dari Hukuman Penalty Google Sandbox
sebelum membahas mengenai dampak apa yang dihasilkan dari pengaruh hukuman google sandbox, siapa tahu diantara para pembaca belum tahu gimana cara mengecek web/blog kita terkena sandbox atau tidak, untuk mengetahuinya amat sangat mudah kok, anda tinggal masuk kelink ini http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker dan masukkan situs web/blog sobat untuk mengetahui apakah web/blog sobat terkenah sandbox atau tidak, karena sebagian orang menganggap kalau sandbox itu termasuk bencana bagi para blogger. . (Lebay).

Apa sih dampak yang ditimbulkan dari hukuman sandbox?? Akibat atau dampak yang dihasilkan dari hukuman sandbox adalah hilangnya artikel kita di didalam index hasil pencarian atau SERP dari mesin pencari google, dan penurunan traffik yang dikarenakn hilangnya artikel kita di SERP itu, tapi ini hanya berlaku di mesin pencari google saja, karena hukuman ini kan yang memberikan adalah google, jadi untuk dimesin pencarian selain google seperti bing dan kawan-kawannya tidak persoalan, hanya saja kebanyakan dari para pengguna search engine memakai google, makanya dampaknya terasa kalau terkena hukuman ini. Dan google sandbox sebagian para blogger dianggap sebagai bencana seperti kutipan lebay diatas tadi, karena sebagian blogger menganggap hukuman itu sangat merugikan blog-blog mereka.

Penyebab Terkena Hukuman Google Sandbox

Sebagian para blogger pemula pasti ada yang pernah berfikir kenapa blog/web itu mudah betul terkenah hukuman google sandbox?? seperti kejadian yang dialami teman blogger saya tersebut.
Untuk rumusan secara pastinya masih banyak yang belum tahu, bahkan para mastah seo kalau ditanya mengenai rumusan google sandbox pun kadang perfikir dua kali, karena mesin tetap saja mesin. yang jelas biasanya hukuman penjara pasir itu dikarenakan seperti beberapa hal berikut ini:

1. Artikel Copas
Sebuah artikel yang terlalu banyak copas atau copy paste dari artikel web/blog orang lain itu bisa mendatangkan hukuman sandbox. Google sangat menghargai sebuah artikel yang original, artikel yang ditulis tidak dari copy paste blog/web orang lain, karena google sangat menghargai artikel yang orisinil, jadi google membuat peraturan yang menghukum sebuah artikel yang isinya copas blog/web orang lain.

2. Over Optimization
Optimasi SEO yang terlalu berlebihan dikarenakkan terlalu tergiur ingin mendapatkan halaman page one google biasanya memilih optimasi dengan cara sesat, sehingga google mencurigai aktivitas tersebut sebagai aktivitas tidak wajar dan di anggap spam sehingga google menghukupnya dengan google sandbox.

3. Over Backlink
Untuk artikel baru, jangan terlalu berlebihan dalam mencari backlink untuk artikel tersebut, karena itu bisa dianggap spam oleh google karena dianggap tidak normal, jangan terlalu banyak mencari backlink dalam satu hari, kalau bisa backlink satu hari adalah 1 sampai 10 perhari

4. Mengguunakan kata Kunci (Keywords) yang Berlebihan
Di dalam dunia SEO, penggunaan kata kunci merupakan suatu hal yang sangat penting dalam meningkatkan peringkat artikel di search engine, namun untuk sebuah artikel yang terlalu berlebihan penggunaan kata kuncinya bisa dianggap spam sama google, alasan pastinya masih dipertanyakan, karena para pakar SEO malah sangat menganjurkan menggunakan permainan kata kunci di setiap artikelnya. untuk keyword utama, turunanya dan macam-macamnya deh . . hehehe :-)

Cara keluar dari Hukuman Google Sandbox

Lantas bagaimana cara untuk keluar dari Google sandbox ini? seperti yang sudah saya katakan diatas tadi, tidak ada rumusan yang pas, namun beberapa cara dibawah ini bisa dipakai dan sebagian ampuh untuk bisa mengeluarkan artikel anda yang terkena hukuman google sandbox, berikut cara - caranya:

1. Reduce Optimization
Cara keluar dari Google sandbox yang pertama adalah dengan mengurangi optimasi yang berlebihan, seperti mengurangi ping yang berlebihan, dan mencari backlink yang berlebihan. Carilah backlink yang sewajarnya saja, yaitu 1 sampai 10 per hari.

2. Writing Re-Post
Cara keluar dari Google sanbox yang kedua adalah dengan menulis ulang artikel yang terkena Google sandbox tersebut. Supaya artikel yang terkena Google sanbox tersebut terlihat lebih fresh dan baru.

3. Review Articels
Cara keluar dari Google sandbox yang ketiga adalah dengan mereview artikel yang terkena Google sandbox. Mereview disini adalah kita membuat artikel yang serupa tetapi tak sama, yaitu tidak mirip dengan artikel yang terkena Google sandbox di blog dummy. Dan menyisipkan link yang mengarah ke artikel yang terkena Google sandbox tersebut. Jika kalian tidak mempunyai blog dummy, kalian bisa meminta bantuan teman blogger kalian.

4. Re-Submit to GWT (Google Webmaster Tools)
Setelah semua cara - cara diatas dilakukan, dan cara keluar dari Google sandbox yang terakhir adalah dengan mensubmit ulang artikel yang terkena Google sandbox tersebut ke GWT (Google Webmaster Tools).

Demikian tadi adalah ulasan mengenai Goole Sandbox, dari mulai pengertian, sebab dan faktor terkena google sanbox dan cara keluar dari penjara pasir google sandbox.

Tapi jangan berhenti sampai disini dulu, karena penulis menemui pernyataan yang sangat bagus dan mungkin terdengar kontroversial untuk sebagian para pelaku blogger saat ini, saya tadi menemukan sebuah artikel dari blog tetangga yang menyatakan kalau kita itu tidak perlu keluar dari Google Sandbox!! untuk membaca artikel lebih lanjutnya anda bisa mengunjungi halaman blognya langsung melalui link ini. http://blog-seo-friendly-2013.blogspot.com/2013/10/jangan-keluar-dari-sandbox-google.html

Penulis blog itu melakukan eksperimen dengan tiga blog untuk mengetahui cara kerja google sandbox, dari eksperiment tersebut dia menyimpulkan kalau kita itu tidak harus keluar dari google sandbox. saya sendiri termasuk setuju dengan pernyataan admin blog tersebut karena setelah saya mengikuti cara eksperimenya saya mengambil kesimpulan yang sama, hanya saja saya lagi gak mood aja untuk mengulas pernyataan dan hasil eksperimen tersebut, mendingan para pembaca sekalian langsung masuk kelink di atas tadi aja!! hehehe

Selamat Belajar
Ashabul Kholifatullah
loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS