Home » , » 6 Strategi Pemasaran Lewat Online

6 Strategi Pemasaran Lewat Online

6 Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing

6 Strategi Pemasaran Lewat Online

6 Strategi Marketing Lewat Online


Toko online (Online Shop) pastinya memiliki cara tersendiri untuk memasarkan produk atau jasanya, tidak bisa kalo hanya menggunakan cara konvensional kayak sebelumnya. Karena maraknya pengguna internet saat ini, banyak toko online yang bermunculan dan meningkatnya persaingan antar toko tersebut. Tentunya Anda tidak ingin terus menerus berputar dalam roda persaingan, bukan? Oleh karena itu strategi pemasaran untuk toko online harus diperhatikan agar bisa bersaing dengan toko sebelah.



Peningkatan pengguna internet di setiap harinya ternyata tidak diacuhkan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Mereka justru memanfaatkan peningkatan pengguna internet ini untuk meningkatkan penjualan produk dan mengembangkan jaringan bisnis mereka.

Dewasa ini banyak para pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog atau bahkan fans page di jejaring sosial untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan di bidang teknologi ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara memajukan bisnis mereka.

Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu strategi untuk memperluas jangkauan pasar para pelaku bisnis. Melalui online marketing, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada jauh dari domisili anda, tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk anda.

Dengan fenomena ini, tentu semua orang akan tahu bahwa strategi pemasaran online lebih efektif dan efisien karena strategi pemasaran online membuat usaha seakan-akan buka selama 24 jam non-stop dan dapat diakses dari seluruh dunia. Hanya dengan melakukan optimasi yang benar dan tepat, usaha anda akan lebih mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.

Berikut 6 Strategi Marketing Pemasaran Online yang dapat Anda pergunakan untuk menunjang kemajuan bisnis Anda.


1. Strategi Pemasaran Online via Website atau Blog.

Dengan memiliki sebuah website  atau blog akan membuat usaha anda seakan-akan buka selama 24 jam tanpa henti. Salah satu yang penting untuk diperhatikan dari web usaha adalah mampu untuk menjelaskan secara detail tentang produk atau jasa yang anda jual.

Anda juga harus meng-upload foto produk yang berkualitas bagus sehingga dapat meyakinkan para pelanggan untuk membelinya.
Ingat, jika Anda membuat blog, berikanlah konten yang bagus dan bermanfaat supaya pembaca kembali lagi untuk melihat blog Anda.


2. Strategi Pemasaran Online Dengan Optimasi Website

Sebagian besar pengguna internet mencari informasi lewat search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain sesuai kata kunci yang mereka ingin cari. Inilah yang perlu anda manfaatkan, anda harus berusaha agar website atau Blog anda tampil di posisi terbaik di search engine agar mendapatkan potensi pembeli yang lebih besar.


3. Memanfaatkan Jejaring Sosial
Jejaring sosial atau social media sudah tentu menjadi alat yang bagus dan efektif sebagai daya ungkit dari bisnis online (Online Shop) Anda.

Saat ini, sebagian besar pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial misalnya Facebook dan Twitter. Jejaring sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk. Karena seperti yang kita tahu, pengguna jejaring sosial di dunia berjumlah jutaan. Tentunya ini bisa jadi salah satu ceruk pasar yang menguntungkan.

Selain Facebook dan Twitter, Anda juga dapat mengoptimalkan Instagram untuk berjualan. Instagram sangan baik untuk toko online karena dapat mengunggah foto produk dengan mudah dan simple. Namun, ada beberapa kekurangan Instagram yang mungkin harus Anda pertimbangkan.


4. E-mail Marketing

Selain menggunakan website dan jejaring sosial, anda juga bisa memanfaatkan e-mail sebagai media promosi anda. Pemberitahuan mengenai produk terbaru anda yang dikirimkan via e-mail kepada calon pembeli akan terasa lebih tertarget. Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah dan murah.


5. Komunitas atau Forum

Forum atau tempat diskusi lainnya juga bisa menjadi sarana yang bagus untuk promosi produk. Manfaatkan tool signature untuk memberikan link menuju web anda. Namun hati-hati, tidak semua forum memberi keleluasaan ini.

Anda juga dapat ‘merayu’ anggota forum atau grup BBM (Blackberry Messenger) untuk memasang foto produk beserta sedikit info tentang produk tersebut selama beberapa waktu. Sehingga, informasi mengenai barang dagangan Anda akan dengan cepat menyebar dan siapa tahu akan meningkatkan penjualan.

6. Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis

Di internet, sudah menjamur layanan iklan gratis online yang artinya anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk iklan. Anda cukup registrasi ke situs iklan dan membuat iklan produk anda ke situs tersebut.

Bila Anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan lewat Facebook Ad. Sebab, Facebook menempatkan iklan tersebut sesuai dengan target pasar. Misalnya, bila Anda mempunyai produk fashion atau tas dari korea, maka Facebook akan menempatkan iklan tersebut di halaman pengguna remaja wanita. Canggih, bukan?

Itulah 6 Strategi Pemasaran Online yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda. Siapa bilang membuka toko online hanya mampu menghasilkan pendapatan yang segitu-gitu saja? OLX dan Lazada telah membuktikan lewat kesuksesan berbisnis lewat online. Anda juga dapat menyusul mereka!
Selamat BerMuhasabah 07/12/2015
Resource:
suryaerlangga
http://hot.yukbisnis.com/6-strategi-marketing-untuk-toko-online/
loading...
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Email Newsletter

Write For Us

Sayidina Ali r.a:
 ”Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Imam Syafii:
"bahwa bodoh orang yang memburu kijang liar di hutan, mendapatkan tapi tidak mengikatnya. Begitulah ilmu bila tidak ditulis."
Ashabul Kholifah:
"Ikatlah Kijang liarmu (ilmu) dengan Keyboardmu."
(just kidding)
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS